HASIL ANALISIS IKLAN
Produk: Bodrex (Obat Sakit Kepala)
Tokoh:
- Subhan Aksa (S.A)
- Hilbram Dunar (H.D)
Durasi Iklan: 32 detik
------------------------------------------------------------------------
BUTIR UTAMA
Hasil dialog yang sudah ditranskripsikan.
S.A : “Duuuuuh, kemana nih?”
(berbentuk inisiasi, karena ini merupakan sebuah pernyataan awal dari iklan tersebut)
(berbentuk inisiasi, karena ini merupakan sebuah pernyataan awal dari iklan tersebut)
H.D : “Belok
kanan, kanan, kanan, kanan, kanan, kanan, kanan, AYAAAAAAAAAAM!”
(berbentuk respon, karena merupakan tanggapan dari inisiasi dialog "kemana, nih?")
(berbentuk respon, karena merupakan tanggapan dari inisiasi dialog "kemana, nih?")
S.A : “Uuurgh”
(berbentuk feedback, karena terkena dampak respon yang berlebihan)
(berbentuk feedback, karena terkena dampak respon yang berlebihan)
H.D : “Sakit kepala? Cepat minum Bodrex”
(berbentuk inisiasi, karena memulai topik percakapan yang baru mengenai produk)
(berbentuk inisiasi, karena memulai topik percakapan yang baru mengenai produk)
S.A : “Tapi saya belum makan?”
(berbentuk respon, karena merupakan tanggapan dari inisiasi dan bersifat pertanyaan)
(berbentuk respon, karena merupakan tanggapan dari inisiasi dan bersifat pertanyaan)
H.D : “Itulah okenya Bodrex, bisa diminum sebelum
makan”
(berbentuk feedback, karena merupakan tanggapan balik dari respon "Tapi saya belum makan?" dan menjawab hasil dari respon melalui dialog ini)
(berbentuk feedback, karena merupakan tanggapan balik dari respon "Tapi saya belum makan?" dan menjawab hasil dari respon melalui dialog ini)
---------------------------------------------------------------------------
BADAN IKLAN
Narator : “Bodrex, cepat redakan sakit kepala”
------
Dari pernyataan tersebut, badan iklan hanya bersifat subjektif saja. Karena hanya memfokuskan pada manfaat produk tersebut.
PENUTUP
H.D : “Yeah,
nomor satu”
(berbentuk inisiasi, karena merupakan pernyataan dialog)
(berbentuk inisiasi, karena merupakan pernyataan dialog)
Narator
: “Bodrex, cepat redakan sakit
kepala. Menangkan harimu”
-------
Penutupnya menggunakan teknik lembut karena tidak mengandung unsur keras seperti mengajak konsumen untuk cepat-cepat beli, barang produknya tidak bersifat terbatas dan juga memberikan manfaat yang jelas yaitu meredakan sakit kepala dengan cepat.
Untuk butir pasifnya ada, seperti adanya logo produksi "TEMPO SCAN" dan himbauan di akhir yaitu "BACA ATURAN PAKAI, BILA SAKIT BERLANJUT, HUBUNGI DOKTER"
-----------------------------------------------------------------------------
No comments:
Post a Comment