Wednesday, March 13, 2013

HASIL ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI DARI BERITA

KOBUKURO, DUO ASAL OSAKA YANG BERANGKAT DARI JALANAN

Liputan6.com, Osaka : Berasal dari dua nama keluarga Kobuchi dan Kuroda, demikianlah inspirasi nama grup ini diambil. Adalah Kentarou Kobuchi (gitar, vokal, instrumen lain) dan Shunsuke Kuroda (vokal utama) yang mendirikan Kobukuro.
Meski anggota grup ini cuma mereka berdua, lagu-lagu yang diciptakan banyak disukai di Jepang. Contoh saja Tsubomi, Sakura, dan Koko ni Shika Sakanai Hana yang berhasil membawa kesuksesan mereka sebagai salah satu duo grup beraliran folk rock yang digandrungi.
Sejak 1999, mereka merilis album pertama berjudul Saturday 8PM. Kemudian, barulah setelah mereka merilis album berjudul Nameless World (2005), tangga album pun berhasil dikuasai hingga sekarang.
Awal mula grup yang berasal dari Osaka ini pada saat Kobuchi dan Kuroda bertemu di sebuah daerah bernama Sakai. Kobuchi yang waktu itu menjadi salesman, selalu mengadakan konser jalanan setiap Sabtu untuk melepas lelah. Sementara Kuroda merupakan guru olahraga yang merangkap sebagai musisi jalanan.
Pada tahun 2001, mereka mengganti label rekaman menjadi di bawah naungan Warner Music Japan dengan single Yell yang sukses mencapai posisi keempat di tangga lagu Oricon.
Lagu Tsubomi yang dirilis pada 2007 sempat ditunjuk gitaris ternama Marty Friedman sebagai lagu yang sangat simple dengan aransemen yang jauh dari pengaruh musik barat.
Kobukuro merupakan band yang unik secara tampilan. Bukan karena dandanan maupun gaya mereka yang membuat unik. Namun tinggi sang vokalis Kuroda yang mencapai 193 cm sangat kontras dengan tinggi badan sang gitaris Kobuchi yang hanya mencapai 168 cm.(Rul)

Sumber:
http://id.berita.yahoo.com/kobukuro-duo-asal-osaka-yang-berangkat-dari-jalanan-141036369.html
------------------------------------------------------------------------------

ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI

1.      Pada paragraf pertama, merupakan kohesi gramatikal yang berbentuk referensi anafora karena adanya kata “ini” mengacu dari awal kalimat “Berasal dari dua nama keluarga...” dan terjadi referensi katafora yang mengacu juga pada kalimat seterusnya yang berbunyi “Adalah Kentarou Kobuchi (gitar, vokal, instrumen lain) dan Shunsuke Kuroda (vokal utama)...”. Paragraf pertama juga bersifat koheren karena adanya simpulan yang berbunyi “Berasal dari dua nama keluarga..., Demikianlah nama grup ini.....”. Intinya, pada paragraf pertama bisa dikatakan kohesi dan koheren.

2.      Pada paragraf kedua, merupakan kohesi gramatikal yang berbentuk referensi anafora karena adanya kata “ini” mengacu pada paragraf pertama “...Kobukuro” dan kata “mereka berdua” mengacu pada paragraf pertama “Kentarou Kobuchi dan Shunsuke Kuroda”. Dan terjadi kohesi yang berupa konjungsi pertentangan yaitu terdapat pada bagian kalimat “Meski anggota grup ini cuma mereka berdua, lagu-lagu yang diciptakan banyak disukai di Jepang”. Dan koherennya berbentuk contoh yaitu dalam kalimat "Contoh saja Tsubomi, Sakura, dan Koko ni Shika Sakanai Hana...."

3.      Pada paragraf ketiga, merupakan kohesi gramatikal yang berbentuk konjungsi urutan atau sekuential, terdapat kata “Kemudian” pada bagian kalimat “Sejak 1999, mereka merilis album pertama berjudul Saturday 8PM. Kemudian, barulah setelah mereka merilis album berjudul Nameless World (2005),.....”. dan terdapat referensi pada kata “Mereka” mengacu pada paragraf pertama “Kentarou Kobuchi dan Shunsuke Kuroda”.

4.      Pada paragraf keempat, merupakan kohesi gramatikal yang berbentuk referensi anafora, yaitu terdapat kalimat “Awal mula grup yang berasal dari Osaka ini pada saat Kobuchi dan Kuroda bertemu di sebuah daerah bernama Sakai.” Terdapat koherensi yang berbentuk waktu yaitu berupa kata “Awal mula....” dan “Sementara...”. Juga terdapat beberapa bagian kohesi yaitu kata “ini” yang mengacu pada nama “Kobukuro..” dan kata “itu” yang mengacu pada waktu awal mula membentuk grup.

5.      Pada paragraf kelima, merupakan kohesi gramatikal referensi persona ketiga berbentuk jamak. Karena terdapat  kata “mereka” yang mengacu pada kedua nama tersebut. Dan hal serupa terdapat pada paragraf sebelumnya.

6.      Pada paragraf keenam, tidak terdapat kohesi dan koheren karena hanya berupa pernyataan.

7.      Pada paragraf ketujuh, merupakan koherensi yang mengandung unsur kontras. Karena pada kalimat awal menyatakan keunikan “Kobukuro merupakan band yang unik secara tampilan”, kalimat seterusnya berupa pernyataan “Bukan karena dandanan maupun gaya mereka yang membuat unik”, dan kalimat terakhir yang menjadi kontrasnya “Namun tinggi sang vokalis Kuroda yang mencapai 193 cm sangat kontras dengan tinggi badan sang gitaris Kobuchi yang hanya mencapai 168 cm.”.


No comments:

Post a Comment