Wednesday, March 6, 2013

HASIL ANALISIS IKLAN "CITRA NIGHT WHITENING LOTION" YANG SUDAH DI TRANSKRIPSIKAN (TUGAS)


HASIL ANALISIS IKLAN
Produk:  Citra Night Whitening Lotion (Krim Perawatan Kulit)

Durasi: 30+ detik
---------------------------------------------------------------------- 

BUTIR UTAMA
Berikut dialog yang ditangkap dan di transkripsikan pada iklan tersebut:

Mrs.a: “Waktunya tidur!”
(berbentuk inisiasi, karena merupakan awal percakapan dari iklan tersebut)


Mrs.b: “Sikat gigi?” 
(berbentuk inisiasi, karena merupakan percakapan baru dari Mrs.b)

Mrs.c: “Sudah.” 
(berbentuk respon, karena merupakan tanggapan dari pernyataan Mrs.b)

Mrs.b: “Pasang weker?” 
(berbentuk inisiasi, karena memulai topik percakapan baru yaitu mengenai dialog "pasang weker?")

Mrs.a: “Sudah" 
(berbentuk respon, karena merupakan tanggapan dari pernyataan Mrs.b)

Mrs.a: "Citra Night Whitening Lotion?” 
(berbentuk inisiasi, karena memulai topik percakapan baru yaitu pengenalan produk)

Mrs.b: “Sudah.”
(berbentuk respon, karena merupakan tanggapan dari pernyataan Mrs.a)

Mrs.a: “Night whitening lotion pakai sebelum tidur.”
(berbentuk inisiasi, karena memulai topik percakapan baru dengan menyebutkan penggunaan produk tersebut)

Mrs.b: “Untuk membantu regenerasi kulit.”
(berbentuk respon, karena merupakan tanggapan dari Mrs.a dan menyebutkan manfaat dari penggunaan produk tersebut)

------
Proposisi yang digunakan dalam bentuk pertanyaan yang menuntut perhatian lebih karena pada percakapan di iklan tersebut bersifat pertanyaan. Pertanyaan tersebut perlahan membawa nama produk yang ingin ditawarkan yaitu "Citra Night Whitening Lotion" dan direspon balik dengan memberikan manfaat dan kegunaan produk tersebut. Hal itulah yang dapat menuntut perhatian lebih pada rasa ingin tahu bagaimana produk tersebut dapat membantu regenerasi kulit dan sebagainya.
---------------------------------------------------------------------

BADAN IKLAN
Narator:
“Baru, Citra Night Whitening. Night Whitening Lotion pertama dari Citra, dengan paduan sempurna minyak biji anggur dan ekstrak blueberry dari rahasia kecantikan Asia untuk membantu regenerasi kulit, ketika kamu tidur.”

----
Dari badan iklan tersebut bersifat objektif dan beralih kearah subjektif. Awalnya bersifat objektif karena narator menyebutkan komposisi pada produk yaitu adanya paduan sempurna minyak biji anggur dan ekstrak bluberry. Dan beralih ke subjektif karena memberikan pernyataan dari manfaat kegunaan produk tersebut.
------------------------------------------------------------------------

PENUTUP


Mrs.a: “Wow, kulit cantik terasa lembut.” 
(berbentuk inisiasi, karena merupakan topik percakapan baru dan memberikan sebuah efek dari penggunaan produk tersebut)

Mrs.c: “Sudah.” 
( berbentuk respon, karena merupakan tanggapan dari pernyataan Mrs.a)


Narator:
"Citra night whitening baru.”

----
Bagian penutup pada iklan ini menggunakan teknik lemah karena tidak ada unsur paksaan seperti cepat-cepat membeli atau sebagainya, hanya menyebutkan nama produknya yang baru. Dan mengandung butir pasif yaitu merek dagang logo Unilever. (bisa dilihat di iklan yang disajikan pada blog ini)

----------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment